• Sipping my coffee

Donasi Barang Ke Mana ya?

Diperbarui: 2 Jul 2019

Ketika awal menjalani minimalist lifestyle ini, yang pertama kali dilakukan biasanya adalah sortir-sortir barang. Proses sortir ini untuk menentukan barang mana yang layak di-keep; mana yang bisa didonasikan dan barang mana yang apa boleh buat harus dibuang (atau dikondisikan untuk hal lain, misalnya kaos butut bisa dipakai jadi serbet).


Clothes donation

Kali ini saya pengen bahas sortir opsi kedua, yaitu mendonasikan barang yang biasanya tidak lagi kita perlukan tapi masih dalam kondisi bagus. Pada awal proses sortir, saya bingung ke mana mendonasikan sejumlah besar mainan (baca: boneka) yang masih bagus tapi tidak pernah kepakai dan hanya teronggok di “gudang”. Dan ternyata persoalan ke mana mendonasikan barang itu tidak Cuma muncul di awal declutering (menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan).


Dari pengalaman pusingnya mendonasikan barang, saya mau share berikut tiga destinasi untuk mendonasikan barang . Please note, karena saya bolak balik ke Bali, maka 2 dari 3 destinasi donasi berada di Bali – tapi kita bisa kirim donasi via courier kog


a. Yayasan Senyum Bali

Merupakan NGO yang bergerak untuk membantu anak-anak penyandang kelainan Craniofacial, yaitu kelainan pada tulang wajah dan jaringan lunak di area kepala. Kelainan craniofacial yang paling umum adalah bibir sumbing. Yayasan Senyum Bali memiliki dua charity shops di Bali (Smile Shop) dan menerima donasi berupa uang, barang dan tenaga (volunteer). Hasil penjualan di charity shops nya digunakan untuk mendanai operasi anak-anak penyandang kelainan craniofacial.

Here is the link: http://www.senyumbali.org/


b. BARC (Bali Dog Adoption Rehabilitation Centre)

Merupakan NGO yang terdaftar di Australia dan di Indonesia yang bertujuan menyelamatkan anjing jalanan di Bali. Mereka menjalankan klinik VET Karma di Ubud, juga merchandise store dan charity store. Mereka menerima donasi baik uang, barang maupun tenaga. Donasi berupa barang akan dijual kembali di charity shop dimana hasil penjualan akan digunakan untuk membiayai kegiatan amal mereka. If you love animals, BARC is one of the perfect destinations for donation.

Here is the link: https://barc4balidogs.org/barcs-charity-shop/


c. Sumbang.in

Ini dia platform online donasi barang yang menerima segala jenis sumbangan barang bekas yang kondisinya masih layak. Barang ini bisa berupa pakaian layak pakai, mainan anak, perkakas dan furnitur rumah, buku bacaan, alat elektronik, item fashion (tas, sepatu, dll), perlengkapan ibadah, perlengkapan kantor, alat dapur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hasil penjualan donasi ini akan disumbangkan kepada yang membutuhkan melalui kitabisa.com. Donasi lewat sumbang.in ini bakal dijemput oleh tim sumbang.in lho. Praktis kan

Here is the link: http://www.sumbang.in/



Jadi, sudah siap beres-beres rumah dan sortir barang?


#donasibarang #clothesdonation #bookdonation #secondhand #barangbekas

About Me

This blog is written by an introvert. It is all about creating a road map of having a simple life, business and travel for fellow introvert. I write my blog while sipping my daily intake of sanity and you can enjoy my blog while sipping your coffee, too

 

Read More

 

Disclaimer

I am not a chemist, pharmacist, nutritionist, dietician or skincare expert. This blog is intended to share information. It should not be used as medical advice. DIY and recipes in this blog are based on my personal experiences. Those shared recipes haven't been tested in a lab. Please use information provided in this blog wisely.

 

 

© 2023 by Sipping My Coffee

  • White Instagram Icon