• Sipping my coffee

5 Simple Tricks for a Better Sleep


Peralatan untuk Mengatasi Susah Tidur


Sleep is the best medicine

Masih ngomongin soal tidur karena all of us need a good quality sleep agar badan kita, both physically and mentally can function well. Tidur nyenyak meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, bikin kita alert, meningkatkan imunitas, mengurangi stress, menjaga tekanan darah dan detak jantung, membantu menurunkan berat badan. Berapa lama kita perlu tidur bisa dicek di sleep calculator ini ya – kalkulator ini akan menghitung kebutuhan tidur kita berdasar usia dan jam berapa kita need to go to bed atau jam berapa kita harus wake up.


I could barely function well month ago when I had trouble falling asleep for about 2 weeks. Kepala pusing dan seharian ga jelas mau ngapain. Pengen tidur siang yang panjang, tapi kuatir bikin sleep cycle tambah berantakan. Dari explore informasi tentang sleep well, I practised recommended tips. From my own experience, here are some tips agar bisa tidur nyenyak dan tidak terbangun di tengah malam (atau kalaupun terbangun, bisa get back to sleep).




Shower

Karena Jakarta lagi panas-panasnya, saya prefer untuk mandi air dingin tiap hari, pagi dan malam. Tapi ternyata, untuk bisa tidur nyenyak, disarankan untuk taking shower with warm water satu atau dua jam sebelum tidur. Mandi dengan air hangat makes us relax, plus our body temperature tends to drop after a warm bath/shower, which can induce better sleep.


Temperature tubuh yang turun (cooling down) memberikan signal that tells us we’re supposed to go to sleep. Jadi saya mulai mandi dengan air hangat tiap malam, 2 jam sebelum tidur - I usually take shower at about 9.30pm. Bisa tidur lebih enak kah? Yes, but I guess bisa tidur nyenyak bukan hanya semata mandi air hangat aja, tapi juga dengan “bantuan” factors lain juga.




Room Temperature

Di banyak artikel Kesehatan, disebut suhu ruang ideal untuk tidur nyenyak adalah di kisaran 18 – 24 derajat Celcius (65 to 75 Fahrenheit). Tapi karena saya ga bisa tidur dengan suhu sedingin itu (malah bisa masuk angin kalo AC terlalu dingin), I turn on AC 2 hours before I go to bed and set it on 24 degree Celcius. Nah, pas sudah mau tidur, I set it to 27 Celcius, sampai akhirnya saya sudah beneran ngantuk, I turn AC off. Kenapa ga pake AC the whole night? Karena downside tidur pakai aircon nyala sepanjang malam for me: kepala pusing dan kulit kering.

Saya coba pakai fan alias kipas angin ketika tidur dengan tujuan biar adem, sekaligus memperlancar sirkulasi udara dalam kamar. But I woke up with headache in the middle of the night karena terpapar angin dari fan. Mungkin I have to adjust the fan position. I actually prefer to use fan compare to aircon karena its energy saving and the sound of fan is considered as white noise to help us fall asleep.





Socks

Tahun lalu, banyak artikel memuat tentang kegunaan wearing socks for a better sleep. I tried this one, put socks on before bed, mulai dari bulan Desember lalu to prevent cold feet. I used old socks yang sudah longgar sehingga lebih nyaman dipakai tidur. Tidur beneran jadi lebih cepat dan lebih nyenyak. Tapi akhir-akhir ini pakai kaos kaki pas tidur malah ga nyaman karena bikin lebih kaki berkeringat dan kepanasan. I turned into academic publication about this and found out that the research on wearing socks for a better sleep was conducted in a cool environment (aka during winter).

Jadi, I will only wear socks kalo pas cuaca dingin atau kalo pas telapak kaki dingin (cold feet).




Magnesium intake

I first learned about magnesium back in 2015 when I was treated for TMJ disorder. I learned that magnesium helps to relax muscle, tapi ternyata it also helps poor sleep. I take magnesium supplements every day – after dinner, dan pakai magnesium cream – here is how to make it. One study also found that magnesium might have long-term benefits in reducing the likelihood of daytime falling asleep in women. Interesting! Jadi ga gampang ngantuk di siang hari karena rutin minum magnesium supplement.




Dark Mode

Cahaya terang menghalangi produksi melatonin – a hormone that promotes sleep. Ketika lampu dimatikan, dalam kondisi gelap, tubuh kita terprogram secara otomatis to get ready to sleep.

Selain mematikan lampu, pakai gorden yang menghalangi cahaya dari jendela is also essential. I live in an apartment, surrounded by other tall buildings yang pasti punya signboard ataupun sign lamps yang menyala sepanjang malam, therefore I need gorden tebal dan gelap. Alternative lain adalah pakai eye mask – ini biasanya saya pakai kalo pas traveling, biar bisa tidur nyenyak.






Thank you for reading this "5 Simple Tricks for a Better Sleep". I hope you love and enjoy this post. If you do, please share with other and sign up here




#sleepaid #tidurnyenyak #susahtidur #susahtidurminumapa #caramengatasisusahtidur #carajitumengatasisusahtidur #howtosleepwell

About Me

This blog is written by an introvert. It is all about creating a road map of having a simple life, business and travel for fellow introvert. I write my blog while sipping my daily intake of sanity and you can enjoy my blog while sipping your coffee, too

 

Read More

 

Disclaimer

I am not a chemist, pharmacist, nutritionist, dietician or skincare expert. This blog is intended to share information. It should not be used as medical advice. DIY and recipes in this blog are based on my personal experiences. Those shared recipes haven't been tested in a lab. Please use information provided in this blog wisely.

 

 

© 2023 by Sipping My Coffee

  • White Instagram Icon